Post Pilihan

Gereja dan Gua Maria Pohsarang

Gereja Pohsarang Gereja Pohsarang atau Puhsarang adalah sebuah Gereja Katolik Roma yang terletak di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen,...

Candi Jago

Candi Jago berada di Tumpang, Kabupaten Malang. Sekitar 22 km dari Kota Malang. Jangan membayangkan Candi Borobudur atau Prambanan ya.. Karena Candi Jago ini jauh lebih kecil ukurannya dibanding kedua candi tersebut. Namun, Candi Jago ini unik. Candi yang tersusun dari batu andesit ini merupakan Candi Hindu dan Budha peninggalan Kerajaan Singosari.



Candi Jago sudah tidak utuh lagi, kita hanya bisa melihat bagian kaki dan sebagian kecil badan candi. Candi ini memiliki tiga teras dengan bagian muka menjorok ke depan. Di bagian kaki candi, terpahat relief-relief cerita Kresnayana, Parthayana, Arjunawiwaha, Kunjarakharna, Anglingdharma, serta cerita fabel. Sedangkan di bagian badan candi terdapat relief yang berkisah tentang peperangan antara raja Kalayawana dengan Kresna.

Persis di depan candi ada bangunan yang menggambarkan teratai, yang merupakan cirri kahas Candi Budha dan di kiri candi terdapat arca dewi bertangan empat, Dewi Bhrkuti.

Candi ini dikelilingi oleh taman yang asri dengan hamparan rumput yang hijau yang terawat dengan baik. Jadi kita nyaman berjalan berkeliling candi. Sayangnya Candi Jago ini tidak memiliki tempat parkir, sehingga mobil harus parkir di pinggir jalan.

No comments:

Post a Comment